Klaim Garansi

Prosedur Penggantian Produk Tupperware

CARA PENGGANTIAN :

1. Jika item yang diklaim untuk penggantian merupakan ITEM REGULAR (yaitu produk yang terdapat di dalam katalog regular yang sedang berlaku), maka akan diganti dengan item yang sama dan diusahakan dengan warna yang sama.
2. Jika item yang diklaim ITEM NON REGULAR (yaitu item yang tidak terdapat pada katalog regular, termasuk item regular lama yang sudah tidak ada lagi di dalam katalog yang sedang berlaku), maka alternatif penggantian adalah sebagai berikut dengan prioritas sesuai nomor urutannya :
a. Produk dan warna yang sama
b. Produk sama tetapi warna berbeda
c. Credit memo
Semua alternatif penggantian di atas sama sahnya dan ditentukan oleh Tupperware Indonesia sesuai ketersediaan part atau produknya.

PENGGANTIAN DENGAN CREDIT MEMO

Penggantian dengan pemberian Credit Memo (CM) merupakan cara penggantian yang sah didalam skema garansi seumur hidup Tupperware, yang merupakan pilihan terakhir yang ditempuh jika penggantian dengan part atau produk tidak memungkinkan karena alasan ketersediaan barang.

Credit Memo dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau potongan harga pada pembelanjaan produk Tupperware berikutnya.

Besarnya nilai Credit Memo yang diberikan kepada konsumen adalah seharga retail (yang sedang berlaku) dari produk atau part yang diklaim untuk penggantiannya yang diterima oleh Tupperware Indonesia.

Dalam hal penggunaan Credit Memo untuk pembelanjaan berikutnya, jika nilai retail dari produk yang dibeli lebih besar dari nilai CM yang dimiliki konsumen (yang diperoleh dari penggantian defektif), maka kekurangannya akan dibayar oleh konsumen.
Jika nilai retail dari produk yang dibeli berikutnya lebih kecil dari nilai CM yang dimiliki maka Tupperware tidak akan mengembalikan selisihnya dengan uang.

TIPS PENGAJUAN KLAIM DEFEKTIF ITEM NON-REGULAR
Khusus untuk item non-regular, meskipun yang rusak hanya satu bagian, misalnya bagian tutupnya saja, maka dianjurkan untuk menyerahkan produk secara utuh, artinya lengkap dengan menyertakan seluruh part atau bagian dari produk tersebut, misalnya yang diserahkan wadah + tutup + cap nya juga.

Keuntungannya dengan cara seperti ini yaitu, misalkan jika karena alasan part tidak tersedia, dan klaim penggantian yang diberikan dalam bentuk Credit Memo, maka besarnya Credit Memo yang akan diberikan adalah senilai harga retail part atau produk yang diterima Tupperware Indonesia.
Contoh :
a. Jika yang diterima oleh Tupperware misalkan hanya bagian 'tutup' saja maka nilai CM yang diberikan hanya senilai harga retail 'tutup' tersebut.
b. Jika yang diterima oleh Tupperware produk itu secara utuh, maka nilai CM yang diberikan adalah senilai harga retail produk itu secara utuh juga.

Misalkan anda akan mengembalikan produk Duo therm Jug yang rusak ke distributor Tupperware. Kemudian karena item non regular ini tidak tersedia lagi stocknya di Tupperware kemudian anda akan memanfaatkan CM defektif itu untuk membeli Dinner set, maka perhitungan CM atau credit memonya adalah sebagai berikut :

Nilai CM Defektif Retail Produk "A" Rp. 350.000
Nilai CM Defektif ke Dealer/TC/Manager Rp. 245.000 (70% x harga retail)
Nilai CM Defektif ke Konsumen Rp. 350.000 (seharga retail)

Misalkan konsumen ingin menggunakan CM Defektif tersebut untuk membeli Dinner Set :

Harga retail Dinner Set Rp. 462.500
Nilai CM Defektif konsumen Rp. 350.000
Konsumen menambah Rp. 112.500

Harga Dealer Dinner Set Rp. 323.750
Nilai CM Defektif ke Dealer/TC/Manager Rp. 245.000
yang Dibayar oleh Dealer/TC/Manager Rp. 78.750
Copyright © 2016. Tupper Queens Shop Allright reserved.